RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IV
(Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
A.
Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal
sistem pemerintahan tingkat pusat.
B.
Kompetensi Dasar
3.2
Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden,
wakil presiden, dan para menteri.
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami lembaga eksekutif
(presiden).
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
D.
Materi Ajar
§ Lembaga eksekutif.
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
–
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi
:
–
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati
lembaga eksekutif (presiden).
F Bertanya jawab tentang lembaga eksekutif
(presiden).
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
G.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
H. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§
Memahami lembaga eksekutif
(presiden).
|
§
Tugas individu
§
Tugas kelom-pok
|
§
Penilaian lisan
§
Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
|
§
Sebutkan organisasi
pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para
menteri?
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 komentar:
Posting Komentar