Diberdayakan oleh Blogger.
RSS


METODOLOGI PENELITIAN

A.      Tujuan Penelitian
Menurut Sri Rahayu Pudjiastuti dalam bukunya yang berjudul metode penelitian pendidikan menyatakn bahwa : “tujuan operasional penelitian digunakan untuk menegaskan kembali dan memberi arah tentang apa yang akan di teliti.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empritis tentang hubungan penggunaan media pembelajaran kebun sekolah dengan hasil belajar IPA pada materi perkembang biakan makhluk hidup di SDN Kemanisan kab. Serang
B.      Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat penelitian yang dilakukian penulis di SDN Kemanisan Kp. Kelapan rt.02 Rw.01 Ds.kebuyutan Kec. Tirtayasa kab. Serang Banten. Adapun waktu dalam penelitian ini adalah bulan November  2012 sampai dengan bulan Januari 2013.
C.      Variabel Penelitian
Dalam bukunya yang berjudul metode penelitian pendidikan Sri rahayu Pudjiastuti mengartikan bahwa variabel merupakn gejala yang menjadi fokus penelitian untuk diamati. Selanjutnya ia menyatakan bahwa variabel dilihat dari hubungan fungsionalnya terdiri dari :
1.       Variabel bebas (variabel independent) merupakan variabel yang menjadi sebab timbulnya atau berubahnya variabel dependen.
2.       Variabel terikat (variabel dependen) merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.
Untuk itu variabel yang dilakukan penulis terdiri dari dua variabel yaitu :
a.       Varaibel bebas (x) dalam penelitian itu adalah penggunaan media pembelajaran kebun sekolah
b.      Variabel terikat (y) dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada materi perkembangbiakn makhluk hidup
D.      Metode Penelitian
Menurut Suharsimi Arikunto dalam bukunya yang berjudul prosedur penelitian menyatakan bahwa metode penelitian adalah cara-cara yang dipakai dalam mengumpulkan data.
Metode yang digunakan dalam penulis skripsi ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional yaitu metode yang menggambarkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.
Metode ini ini dipergunakan untuk memperoleh bahan-bahan dan menghimpun data-data yang terjadi dilapangan dengan penyebar angket pernyataan kepada responden dalam rangka mengumpulkan data-data penulis menentukan metode sebagai berikut :
1.       Wawancara
Wawancara adalah sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi-informasi dari terwawancara.
2.       Angket
Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang di gunakan untuk memperoleh informasi dalam responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui.
E.       Populasi dan sampel
1.       Populasi
Populasi adalah keseluruhan subjek yang menjadi perhatian penelitian. Menurut Sri Rahayu Pudjiastuti dalam bukunya yang berjudul metode penelitian pendidikan menyimpulkan bahwa populasi merupakan objek atau subyek yang berada pada suatu wilayah dan memenuhi syarat-syarat tertentu terkait dengan masalah penelitian.
Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SDN Kemanisan Kab. Serang berjumlah 141 siswa , sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa siswi kelas VI SDN Kemanisan Kab. Serang sebanyak 30 siswa.
Adapun yang dijadiakan populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VI SDN Kemanisan yang berjumlah 30 siswa.
2.       Sampel
Sampel adalah sebagian dari populasi “Menurut Suharsimi Arikunto mengatakn bahwa apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik di ambil semuanya sehingga penellitian merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika subjeknya lebih dari 100 dapat diambil antara 10% - 15% atau 20% - 25% atau lebih. Karena populasi terjangkaunya kurang dari 100 atau 30 orang siswa di kelas VI, maka populasi tersebut dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini di sebut penelitian populasi.

F.       Instrumen Penelitian
Instrumen atau alat pengumpul data adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dalam suatu penelitian.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media pembelajaran kebun sekolah yang merupakan variabel bebas menggunakan angket, memakai skala perilaku yang di susun sebanyak 30 soal tiap butirnya mempunyai 5 jawaban alternatif adalah selalu skor 5, sering skor 4, kadang kadang skor 3 pernah skor 2 dan tidak pernah skor 1.
Sedangkan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar IPA yang merupakan variabel terikat menggunakan tes pilihan ganda dengan katagori 1 untuk jawaban benar 0 untuk jawaban butir soal pertanyaan sebanyak 30 pertanyaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar