METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tujuan Penelitian
Menurut Sri Rahayu
Pudjiastuti dalam bukunya yang berjudul metode penelitian pendidikan menyatakn
bahwa : “tujuan operasional penelitian digunakan untuk menegaskan kembali dan
memberi arah tentang apa yang akan di teliti.
Adapun tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empritis tentang
hubungan penggunaan media pembelajaran kebun sekolah dengan hasil belajar IPA
pada materi perkembang biakan makhluk hidup di SDN Kemanisan kab. Serang
B. Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat penelitian
yang dilakukian penulis di SDN Kemanisan Kp. Kelapan rt.02 Rw.01 Ds.kebuyutan
Kec. Tirtayasa kab. Serang Banten. Adapun waktu dalam penelitian ini adalah
bulan November 2012 sampai dengan bulan
Januari 2013.
C. Variabel Penelitian
Dalam bukunya yang
berjudul metode penelitian pendidikan Sri rahayu Pudjiastuti mengartikan bahwa
variabel merupakn gejala yang menjadi fokus penelitian untuk diamati.
Selanjutnya ia menyatakan bahwa variabel dilihat dari hubungan fungsionalnya
terdiri dari :
1.
Variabel bebas (variabel
independent) merupakan variabel yang menjadi sebab timbulnya atau berubahnya
variabel dependen.
2.
Variabel terikat (variabel
dependen) merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena
adanya variabel bebas.
Untuk itu variabel yang dilakukan penulis
terdiri dari dua variabel yaitu :
a.
Varaibel bebas (x) dalam
penelitian itu adalah penggunaan media pembelajaran kebun sekolah
b.
Variabel terikat (y) dalam
penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada materi perkembangbiakn makhluk
hidup
D. Metode Penelitian
Menurut Suharsimi Arikunto
dalam bukunya yang berjudul prosedur penelitian menyatakan bahwa metode
penelitian adalah cara-cara yang dipakai dalam mengumpulkan data.
Metode yang digunakan
dalam penulis skripsi ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan korelasional yaitu metode yang menggambarkan hubungan antara
variabel bebas dan variabel terikat.
Metode ini ini
dipergunakan untuk memperoleh bahan-bahan dan menghimpun data-data yang terjadi
dilapangan dengan penyebar angket pernyataan kepada responden dalam rangka
mengumpulkan data-data penulis menentukan metode sebagai berikut :
1.
Wawancara
Wawancara adalah sebuah dialog yang dilakukan
oleh pewawancara untuk memperoleh informasi-informasi dari terwawancara.
2.
Angket
Angket adalah sejumlah pertanyaan tertulis
yang di gunakan untuk memperoleh informasi dalam responden dalam arti laporan
tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui.
E. Populasi dan sampel
1.
Populasi
Populasi adalah
keseluruhan subjek yang menjadi perhatian penelitian. Menurut Sri Rahayu
Pudjiastuti dalam bukunya yang berjudul metode penelitian pendidikan
menyimpulkan bahwa populasi merupakan objek atau subyek yang berada pada suatu
wilayah dan memenuhi syarat-syarat tertentu terkait dengan masalah penelitian.
Populasi target dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SDN Kemanisan Kab. Serang berjumlah
141 siswa , sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa siswi kelas VI SDN
Kemanisan Kab. Serang sebanyak 30 siswa.
Adapun yang dijadiakan
populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VI SDN Kemanisan yang
berjumlah 30 siswa.
2.
Sampel
Sampel adalah sebagian
dari populasi “Menurut Suharsimi Arikunto mengatakn bahwa apabila subjeknya
kurang dari 100, lebih baik di ambil semuanya sehingga penellitian merupakan
penelitian populasi. Selanjutnya jika subjeknya lebih dari 100 dapat diambil
antara 10% - 15% atau 20% - 25% atau lebih. Karena populasi terjangkaunya
kurang dari 100 atau 30 orang siswa di kelas VI, maka populasi tersebut
dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini di sebut penelitian
populasi.
F. Instrumen Penelitian
Instrumen atau alat
pengumpul data adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dalam
suatu penelitian.
Teknik yang digunakan
untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media pembelajaran kebun sekolah
yang merupakan variabel bebas menggunakan angket, memakai skala perilaku yang
di susun sebanyak 30 soal tiap butirnya mempunyai 5 jawaban alternatif adalah
selalu skor 5, sering skor 4, kadang kadang skor 3 pernah skor 2 dan tidak
pernah skor 1.
Sedangkan untuk memperoleh
data mengenai hasil belajar IPA yang merupakan variabel terikat menggunakan tes
pilihan ganda dengan katagori 1 untuk jawaban benar 0 untuk jawaban butir soal
pertanyaan sebanyak 30 pertanyaan.
0 komentar:
Posting Komentar